Cara Menghemat Quota Internet Android Agar Tahan Lama

OomTekno- Paket data yang mahal di indonesia membuat banyak orang yang cemas, apalagi internet di indonesia tidak terlalu cepat. apalagi banyak beredar aplikasi sosial media yang membutuhkan akses stabil dan boros data.

menghemat paket android
Ini tidak di ikuti oleh akses yang memadai oleh operator. dan bahkan untuk bisa internet dengan kecepata stabil tidak jarang untuk beberapa daerah itu harus online pada jam malam. sekitar 12-06.

Tentunya tidak banyak orang yang aktif pada jam tersebut sehigga mau tidak mau tetap harus membeli paket yang mahal untuk dapat berselancar di dunia maya. untuk itu kita harus membagi jatah quota agar tetap dapat online.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat untuk kalian terapkan agar dapat menghemat paket internet android agar dapat tercukupi untuk satu bulan.

Baca Juga: Cara Mudah Menghemat Baterai Android Yang Harus Dicoba
 

#Jangan Streaming

Salah satu penyebab dari cepatnya quota habis adalah karena kita melakukan streaming. apalagi untuk streaming Video dengan kualitas HD. ini dapat menghabiskan paket data hingga ratusan MB hingga GB hanya untuk streaming.

Boleh untuk melakukan streaming tapi jangan terlau sering apalagi hanya untuk video yang tidak penting ini akan menghabiskan quota yang sia-sia.
paket internet android

Untuk mengatasinya dapat kalian terapkan cara sederhana, pertama dapat mengkompres video saat streaming, sehingga data yang diperlukan untuk melihat video menjadi berkurang. yang kedua adalah dengan mendownload atau menonton video pada jaringan Wi-Fi.

Dengan cara di atas kalian dapat menghemat quota internet mu walaupun tidak banyak namun akan terasa efek baiknya. browser seperti Opera sudah memiliki fitur mengecilkan kualitas file video saat streaming sehigga dapat membantu kalian untuk irit data.
 

#Gunakan Wi-Fi

Cara termudah adalah dengan menggunakan Wi-Fi sehingga data anda akan aman. tentunya cara ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang tinggal di perkotaan. karena dikota besar kebanyakan Wi-Fi itu gratis.

Berbeda dengan daerah yang belum terjangkau internet cepat. walaupun ada kebanyakan Wi-Fi nya itu di kunci sehingga sulit untuk menggunakan cara ini.

Cara ini sebaiknya kalian gunakan untuk Download atau Streaming video sepuasnya karena internet menggunakan Wi-Fi terbilang cukup stabil

#Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Bagi kamu yang hanya menggunakan smartphone android kamu untuk keperluan SMS, Telepon, Browsing dan Chatting sebaiknya matikan beberapa fitur yang mungkin tidak kamu perlukan.

hemat bbm android
Contoh saat kamu sedang menggunakan FB Lite maka matikan aplikasi seperti BBM, LINE dan aplikasi chatting lainnya.

Dengan cara ini kamu akan dapat menghemat quota dengan sangat baik dan dapat menghemat paket data hingga 10 %.

#Disable ADS

kamu pernah main game atau browsing dan tiba-tiba muncul iklan. terganggu kan dan ini akan menguras quota internet kamu sehigga cepat habis. saat kamu sedang browsing banner yang bergerak dan iklan pop-up sangat menguras data.

untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah yakini dengan menggunakan aplikasi utuk menghilangkan iklan. saat ini ada banyak ADS Disable yang ada di Google Play dan dapat kamu unduh secara gratis.

Browser seperti Opera dan UC Browser juga mempunyai penangkal iklan dan ini sangat cocok untuk mempercepat internet da menghemat data.

Namun perlu di ingat juga saat creator game atau pemilik blog itu juga butuh uang untuk terus berkarya, jangan memutuskan mata pencaharian mereka.

#Gunakan Mode Penghemat Data

Mode penghemat data akan menghemat data kamu hinga 50% dan ini juga sudah ada banyak browser yang menggunakan fitur ini seperti Opera dan UC Browser.

Mode ini juga akan mempercepat loading namun beberapa fitur blog/website akan tidak dapat digunakan secara penuh.
 

#Matikan Data Jika Tidak Perlu

Cara termudah untuk dapat menghemat quota internet pada smartphone android adalah dengan mematikan paket data jika memang tidak diperlukan.
paket data android

Saya menyarankan saat anda tidur matikan paket data karena walaupun kita tidak memainkan smartphone anda namun notifikasi yang berjalan akan menguras quota internet mu dengan cepat.

Itulah beberapa tips yang sudah saya coba dan terapkan dalam menghemat quota internet karena memang menghemat paket data adalah cara terbaik untuk menghemat uang bulanan saat membeli paket internet.

 
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Android,Tips & Trik,Tutorial