Tuesday, 23 August 2016

Penyebab Not Responding Dan Solusinya Ala OOMTekno

OOMTekno-
Saat kita memainkan game ataupun aplikasi di laptop terkadang kita menjumpai yang namanya "Application Not Responding" yang mana membuat aplikasi atau game yang sedang kita jalankan tidak dapat di gunakan sementara waktu.

Terkadang setelah beberapa detik aplikasi dapat kembali di gunakan atau pada kejadian yang paling parah adalah kita tidak dapat berada di aplikasi itu dan harus keluar. 

penyebab nnot responding di laptop

Namun apa sih "Application Not Responding" itu ?.. tentu ini yang menjadi pertanyaan kalian semua bukan. "Application Not Responding" adalah kejadian di mana laptop/komputer tidak dapat menjalankan lagi aplikasi yang sedang di buka karena beberapa faktor dan alasan.
Kalau dalam istilah android mungkin akan menjumpai yang namanya "force close" begitu lah kiranya kalau di laptop. 
Namun apa yang menyebabkan "Application Not Responding" ini. seperti yang sudah admin jelaskan sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan kejadian ini dan berikut adalah penjelasan dari saya.

# 1. RAM/Memori penuh

Ketika kita menjalankan sebuah aplikasi terutama game membutuhkan RAM yang besar ketika memainkannnya. karena terlalu lama kita memainkan sebuah game atau aplikasi membuat RAM menjadi penuh dan sistem semakin lambat untuk memperoses apa yang kita lakukan di sebuah aplikasi.
Dengan demikian membuat laptop tidak dapat tersambung ke aplikasi dan berusaha untuk menyambungkannya lagi. 

# 2. Aplikasi berat

Aplikasi atau game berat membutuhkan spesifikasi yang cukup agar dapat di mainkan dengan lancar. game seperti PES 2016 tentu berbeda dengan PES 2006 yang mana tidak memerlukan spesifikasi laptop yang mumpuni. 
Ketika kita memainkan game berat di laptop yang spesifiasinya rendah akann mennyebabkan lag dan jika terlalu berat proses yang di kerjaka oleh sistem akan over dan akhirnnya aplikasi aka terhenti dan muncul pesan seperti pembahasan.

# 3. Multitasking

Multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan akan membuat sistem bekerja semakin keras dan menjadi lambat.
Ketika laptop menjadi lambat akan membuat load aplikasi semakin sulit untuk di proses oleh sistem dan jika kita memaksakan ini akan membuat aplikasi not responding.

# 4. StartUp

StartUp atau aplikasi yang berjalan di belakang sistem membuat proses menjadi lambat terutama aplikasi yang real time bekerja.
Aplikasi ini akan memekan resource memori yang tidak sedikit dan tentunya dapat menyebabkan laptop menjadi "Application Not Responding".

# 5. File penuh

File yang terlalu bannyak di HDD membuat sistem menjadi lebih lama untuk bekerja karena untuk memeriksa semua file membutuhkann memori yang besar pula. ketika kita menjalankan aplikasi yang berat dalam artian aplikasi denngan spesifikasi yang tinggi akan sangat memberatkan sistem komputer kita.

# 6. Virus

Virus mungkin berpengaruh dan mungkin juga tidak, karena virus membuat kerusakan di sistem tentu membuat komputer bekerja ekstra keras.
Kebanyakan virus akan merusak file DLL yang akan melambatkan kinerja sistem untuk memproses sesuatu.

Nah itulah beberapa penyebab yang membuat komputer atau laptop kamu menjadi "Application Not Responding" dan sangat menjengkelkan.

Namun apa sih solusinya. sebagian dari kita mungkin akan melakukan Install ulang dan sebearnnya cara ini sedikit salah menurut saya, kanapa?  karena ada beragam penyebabnya tentu kita tidak dapat hanya melakukan satu solusi. kalau dapat di lakukan dengan cara lain kenapa harus dengan install ulang. berikut ini adalah solusi dari aplikasi yang Not Responding.


# 1. Jangan Install banyak aplikasi

Memasanga banyak palikasi tenntu memeratka HDD dan RAM kita utnuk memproses aplikasi. da ini dapat dihindari dengan tidak telalu memasang aplikasi yag tidak perlu sebaiknya pasang saja aplikasi yang di perlukan saja.
Terutama untuk game berat sebaiknya jaga memaksaka laptop anda untnuk mennggunakan game atau aplikasi yang membutuhkan spesifikasi laptop yang besar. jika memang dbutuhkan sebaiknya mencari aplikasi alternatif yanng memiliki fungsi yang sama.

# 2. Hindari Multitasking

Seperti yang sudah di bahas di atas Multitasking akan membuat kerja laptop kita menjadi lebih keras dan tentunya "Application Not Responding" akan muncul jika sistem tidak dapat lagi di paksa bekerja.

# 3. Matikan StartUp yang tidak perlu

Caranya cukup dengan buka TaskManager lalu pilih opsi StarUp dan pilih mana aplikasi yang ingin di kill. 
not responding pada laptop

# 4. Scan ulang

Scan ulag HDD annda dari virus menggunakan AntiVirus andalan anda masing-masing, kalau saya menggunakan SmadAV saja sudah cukup.

# 5. Install Ulang OS

Nah.. ini lah cara terakhir jika memang aplikasi yang di gunakan sering not responding. Dengan cara ini aka membuat laptop anda menjadi lebih baik kinerjanya karena belum banyak aplikasi yang ter install dan virus mungkin sudah hilang.
Namun sebaiknya install ulang menggunakan file installer lain karena muungkin saja ada file yanng rusak di CD insteller sebelumnya yang menyebabkan "Application Not Responding".

Nah itulah tips dari saya semoga dapat di amalkan dan tentunya dapat bermannfaat untuk anda semuanya. sekian dan terima kasih.

Related Posts

Penyebab Not Responding Dan Solusinya Ala OOMTekno
4/ 5
Oleh